Anti Boros Pakai Smartphone

Saat ini smartphone bukan lagi barang asing untuk kita, bahkan sudah menjadi barang kebutuhan primer. Hampir semua orang di dunia menggunakan smartphone. Selain lebih praktis, smartphone memiliki banyak kegunaan. Tak hanya untuk berkomunikasi, tetapi untuk mencari informasi, belajar, transaksi perbankan, hingga penunjang kebutuhan bisnis. Serbabisa! Tak berlebihan jika disebut smartphone, kan?

Anti boros pakai smartphone
Foto via pixabay.com

Sayangnya, kecanggihan smartphone sering mendapat keluhan, terutama menyoal keborosan. Pasalnya, smartphone yang saat ini dikembangkan sangat canggih dengan basis sistem operasi android atau iOS, di mana teknologi ini mampu membuat smartphone Anda terkoneksi otomatis ke server internet selama smartphone Anda memiliki pulsa. Dengan begitu Anda sebagai pengguna dapat memperbarui informasi lebih cepat dan real time. Kecanggihan ini pula yang membuat smartphone mampu memperbarui aplikasi di dalam perangkat smartphone secara otomatis meskipun tidak sedang digunakan.

Karena itu, menggunakan smartphone juga harus memiliki trik tersendiri supaya tak membuat kantong jebol. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

Mulai dengan membeli pulsa murah

Mau berhemat harus dimulai dengan membeli pulsa murah. Saat ini banyak alternatif tempat pembelian pulsa atau paket internet, mulai dari kios, ATM, atau internet banking. Namun kebanyakan mematok harga lebih tinggi dari harga besaran pulsa. Membeli pulsa dengan harga terbaik bisa Anda dapatkan di website Traveloka. Di website ini Anda bisa membeli pulsa dengan harga pas atau bahkan lebih murah.

Selain itu, Traveloka memberikan banyak promosi menarik yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa mengunjungi link berikut :

https://www.traveloka.com/connectivity/pulsa

Anti boros pakai smartphone
Pembelian pulsa via traveloka lebih murah

 

Pilih provider sesuai kebutuhan

Ada banyak provider telepon di Indonesia, masing-masing menawarkan keunggulan dengan banyak pilihan paket internet. Pilih provider yang dapat memenuhi kebutuhan komunikasi Anda dengan baik. Pertimbangkan paket yang ditawarkan, harga, dan jangka waktu pemakaian. Contoh, Anda menggunakan smartphone untuk berkomunikasi sekaligus keperluan pekerjaan, bisnis, media sosial, dan sebagainya maka Anda harus memilih provider yang memberikan pilihan kuota besar/unlimited dengan harga terjangkau. Sebaliknya jika keperluan penggunaan minimal, pilih provider yang memberikan pilihan “paket hemat” dengan harga yang hemat pula.

Matikan Fitur Auto Update (update otomatis)

Setelah pulsa terisi, Anda juga harus mengetahui trik penggunaan smartphone. Seperti telah disebutkan, sistem operasi pada smartphone dapat memperbarui perangkat secara otomatis. Dengan mematikan fitur Auto Update, smartphone Anda tidak akan langsung memperbarui setiap aplikasi yang tersemat dengan versi terbaru, melainkan membutuhkan persetujuan Anda. FYI, untuk memperbarui aplikasi diperlukan kuota yang tak sedikit. Anda dapat mengaturnya agar smartphone hanya melakukan pembaruan saat tersambung dengan Wi-Fi.

Matikan Fitur Auto-Sync

Fitur Auto-Sync pada smartphone berfungsi untuk menyinkronisasi smartphone Anda dengan server dari akun yang Anda gunakan. Misalnya, Anda mengaktifkan fitur ini pada aplikasi Facebook maka Anda akan menerima setiap notifikasi terbaru dari Facebook, seperti notifikasi komentar, permintaan teman baru dan sebagainya. Setiap notifikasi yang masuk akan “memakan” data.

Aktifkan Airplane Mode

Aktifkan fitur Airplane Mode di smartphone pada jam-jam sibuk. Jika Anda mengaktifkan fitur ini, Anda akan memutus konektivitas sementara dengan internet dan sinyal. Otomatis pemakaian pulsa dan paket internet akan terhenti. Tak perlu mengaktifkannya sepanjang hari, mengaktifkan Airplane Mode pada jam kerja, lalu mematikannya kembali saat jam istirahat dan jam pulang kantor. Ini akan menghemat pulsa Anda.
Membatasi Penggunaan Media Sosial
Anda tentu memiliki aplikasi media sosial, bahkan mungkin lebih dari satu. Setiap aplikasi media sosial, memiliki besaran penggunaan data yang berbeda-beda, Anda bisa mengeceknya sebelum Anda mengunduh di smartphone. Untuk menghemat data sebaiknya batasi pemakaian media sosial Anda. Beberapa media sosial bahkan bisa menghabiskan kuota hingga 1,2 GB dalam satu minggu.

Batasi streaming

Paling enak mengisi waktu luang dengan streaming video. Tapi, tahukah Anda menonton video selama 1 menit dengan resolusi 240 dapat menghabiskan kuota 124 MB dan 60 menit dengan resolusi 1080p dapat menghabiskan kuota hingga 1,2 GB. Nah, karena itu, batasi streaming online.

Hapus Widget

Widget merupakan “perwakilan” dari aplikasi semacam shortcut. Pengguna dapat menggunakan fitur dari aplikasi tanpa harus membuka aplikasi “sesungguhnya”. Widget memang berguna untuk mempermudah pengguna, pembaruan widget secara berkala dari aplikasi tersebut akan memakan banyak kuota. Sebaiknya hapus widget yang tidak terlalu penting, cukup sisakan yang sering Anda gunakan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *